BALADA SEORANG PERAWAT


BALADA SEORANG PERAWAT



Karya : Dominggus Tarantula 

Saudaraku...
Mungkin ada diantara kalian memilih profesi perawat karena memang panggilan jiwa atau karena terpaksa dan atau karena tidak ada pilihan lain. Tapi semua pilihan ini bukan lagi masalah utama karena profesi ini akan menuntun setiap perawat untuk menahan air mata dan menciptakan senyum bagi semua orang. 

Perwat menjadi saksi dari sebuah kelahiran dan sebuah kematian, tak jarang pula perawat menjadi orang yang pertama memberikan selimut bagi seorang bayi dan juga menutup selimut terakhir bagi jenazah. Bahkan pendamping paling setia dari pasien yang kondisinya kritis dan gangguan jiwa.

Perawat...
Pasien mencarimu...
Untuk membersihkan darah dari lukanya, muntahan dan kotorannya. Pasien yang tak mampu menahan rasa sakitnya terkadang melampiaskan emosinya padamu, Juga deringan telpon yang selalu menuntutmu untuk menjawabnya.

Profesimu memang tak selamanya mampu memuaskan dan membahagiakanmu, tapi tiap-tiap pedulimu dan senyum ajaibmu memiliki tempat istimewa ditiap kehidupan yang kau sentuh. Kalian ditunggu, di panggil dan dicari, walau sesekali kalian dimarahi dan dicaci, tapi kalian dibutuhkan. Tetaplah caring dalam menjalankan tugas mulia, semulia profesimu. 

Perawat...
Kalian adalah sosok malaikat tanpa sayap, kalian adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Kalian sungguh berhati mulia membantu orang sakit tanpa memandang apapun status dan agamanya. Kalian begitu lembut dan sabar merawat setiap pasien dalam kondisi apapun. Kalian menolong pasien tanpa pamrih, setiap sentuhan lembutmu bagaikan obat yang mengalir kesetiap pembuluh darah pasien. Keikhlasan hatimu membakar semangat jiwa setiap pasien untuk sembuh, keramahan tutur katamu adalah obat ajaib penyembuh dan pelepur duka dan lara.

Memang perawat bukanlah dokter, tapi perawat dapat menjadi sebab musabab dari kesembuhan pasien. Tak berlebihan jika orang mengatakan perawat adalah jantung rumah sakit, sebab prawatlah yang mendampingi pasien 24 jam dalam sehari.

Begitu besar dan mulia peran perawat dalam mengatasi permasalahan pasien...
Teruskan bhaktimu pada ibu pertiwi, juga martabat dan etika profesi...
Jasamu selalu dinanti dan dirindukan oleh setiap insan...


Tonton Balada Seorang Perawat
https://www.youtube.com/watch?v=c3TjIG3SYoo

Comments

Popular posts from this blog

INFLUENZA

VARICELLA

ENZIM